publikasikaltim.id, Mengawali hari pertama kerja usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1446 H/2025 M, Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono didampingi Asisten I Akhmad Taufik Hidayat dan Asisten III Dafip Haryanto, melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) pelayanan hari kerja. Kegiatan ini berlangsung di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Mall Pelayanan Publik Kabupaten Kutai Kartanegara pada hari Selasa, 8 April 2025.
Hadir dalam event tersebut Kepala Dinas DPMPTSP Kukar Alfian Noor, Kepala Dinas Dukcapil Kukar Muhammad Iriyanto, Para ASN dan Non ASN dikawasan perkantoran Bupati Kukar, dan tamu undangan.
Sidak dimulai dengan peninjauan langsung ke sejumlah stand pelayanan publik di lingkungan MPP. Di antaranya stand pelayanan Disdukcapil, DPMPTSP, serta Samsat. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan jalannya pelayanan publik tetap optimal meskipun baru memasuki hari pertama kerja setelah libur panjang lebaran.
Pada sesi wawancara Sekda Kukar Sunggono menyampaikan bahwa kunjungannya kali ini bertujuan untuk memantau langsung kinerja pelayanan publik, serta menjalin silaturahmi dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan MPP. “Saya ingin melihat secara langsung pelayanan publik di hari pertama turun kerja ini, Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik,” ujarnya.
Sekda Kukar menyampaikan apresiasi atas kinerja para petugas pelayanan publik yang dinilainya tetap prima meski baru kembali dari masa libur. Diharapkan kualitas pelayanan yang sudah berjalan baik tersebut dapat terus dijaga dan bahkan ditingkatkan. “Terima kasih atas kinerja dan pelayanan yang sudah diberikan. Harapan kami, pelayanan seperti ini bisa terus dipertahankan,” tambahnya.
Sekda Kukar Sunggono juga berdialog langsung dengan masyarakat yang tengah mengurus administrasi dan perizinan di MPP. Dari komunikasi tersebut, banyak warga menyatakan kepuasan atas pelayanan yang diterima. “Dari beberapa pernyataan warga yang hari ini melakukan pengurusan izin, baik pembuatan KTP, urusan SIM, dan lainnya, semuanya menyatakan puas dengan pelayanan kita di hari pertama ini,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Sekda Kukar berharap potret pelayanan publik yang baik seperti di MPP juga dapat diterapkan secara merata di seluruh unit layanan publik lainnya di Kukar. “Mudah-mudahan seperti itu juga potret pelayanan kita di tempat-tempat pelayanan lainnya, baik itu di puskesmas maupun di rumah sakit,” pungkasnya. (adv/diskominfokukar/pbk)